Seminar Fisika: “Transportasi Ramah Lingkungan Berbasis Fuel Cells: State-Of-The Art & Nanocatalysts” oleh Elok Fidiani, Ph.D.

Program Studi Fisika, UNPAR, kembali menyelenggarakan Seminar Fisika pada Rabu, 31 Maret 2021 secara daring, berjudul “Transportasi Ramah Lingkungan Berbasis Fuel Cells: State-Of-The Art & Nanocatalysts”, dengan narasumber Elok Fidiani, Ph.D. Seminar ini diikuti oleh mahasiswa, dosen, dan praktisi dari industri.

Pada seminar ini dipaparkan tentang sumber energi alternatif sebagai pengganti bahan bakar fosil yang terjangkau dan ramah lingkungan yang merupakan area riset yang cukup aktif saat ini, dan memperoleh perhatian yang cukup besar dari semua kalangan baik pemerintah ataupun industri, salah satunya adalah teknologi hidrogen berbasis fuel cells.

Narasumber memaparkan bahwa teknologi hidrogen berbasis fuel cells merupakan salah satu masa depan energi terbarukan yang cukup menjanjikan di sektor transportasi. Fuel cells dapat mengubah energi di dalam hidrogen menjadi listrik secara langsung. Proses pelepasan energi hidrogen dalam fuel cells sangatlah efisien tanpa mengeluarkan polutant karena hasil akhirnya adalah air yang cukup ramah lingkungan. Dalam perkembangan teknologi hidrogen dan fuel cells ini, membutuhkan riset yang cukup intense dan bersinergi dari berbagai bidang ilmu baik ilmu dasar seperti fisika dan kimia maupun ilmu terapan seperti teknik.

Karenanya, sangat penting untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan akan perkembangan terkini energi terbarukan khususnya di bidang fuel cells ini, sehingga dapat mendorong mahasiswa untuk berkontribusi secara aktif terhadap masalah energi dan lingkungan baik melalui proses pembelajaran (projek & riset) maupun perilaku dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu kolaborasi lintas bidang ilmu dan industri juga penting dalam rangka mewujudkan sumber energi alternatif sebagai pengganti bahan bakar fosil yang terjangkau dan ramah lingkungan (RS).