Prestasi Dosen Fisika dalam Bidang Penelitian dan Pengabdian pada Dies Natalis UNPAR ke 66

Memperingati 66 tahun perjalanannya, Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) menyelenggarakan acara Oratio Dies Natalis yang ke-66 secara luring dan daring, pada 18 Januari 2021, dengan tema “Hati Terbuka Bagi Semesta.” Melalui tema tersebut, Unpar berharap untuk mendorong dan mengajak seluruh warga Unpar untuk meningkatkan kepedulian dan merangkul semua lapisan masyarakat dalam persaudaraan kemanusiaan. Oratio Dies Natalis disampaikan oleh Dr.theol. Leonardus Samosir, OSC. (Dekan Fakultas Filsafat Unpar). Dengan judul Fratelli Tutti, bermakna persaudaraan tanpa sekat. Pembahasan orasi dilakukan oleh Dr.rer.nat. Cecilia E. Nugraheni (Dekan Fakultas Teknologi Informasi dan Sains Unpar) dan Prof. Dr. Ignatius Bambang Sugiharto (Dosen Fakultas Filsafat Unpar). Dalam acara ini Unpar juga memberikan penghargaan bagi mahasiswa, dosen, staf, fakultas, jurusan, program studi, dan pengelola jurnal di Unpar (unpar.ac.id).

Untuk penghargaan bagi Dosen, Jurusan Fisika memperoleh penghargaan untuk kategori Penelitian dan Pengabdian tahun 2020.

Dalam bidang penelitian, Dosen Fisika Unpar, Haryanto M. Siahaan Ph.D., memperoleh penghargaan sebagai peneliti terbaik. Penghargaan ini diberikan salah satunya karena pada tahun 2020, Haryanto berhasil mempublikasikan sebanyak 4 karya ilmiah pada Jurnal Bereputasi (Q1) di bidang Fisika Teori.

Sedangkan dalam bidang pengabdian kepada masyarakat, diberikan penghargaan video presentasi terbaik, melalui kegiatan pengabdian lembaga yang diketuai oleh Risti Suryantari, M.Sc dengan Judul Pelatihan Guru Fisika (PGF) 2020: Inovasi Pembelajaran Fisika dalam bidang Fisika Eksperimen “Lab from Home: Percobaan Fisika menggunakan Smartphone”. Pengabdian ini juga melibatkan Dosen Fisika lainnya, sebagai tim pengabdian maupun sebagai narasumber. Video pengabdian PGF 2020 dapat dilihat pada tautan berikut: https://www.youtube.com/watch?v=vSXiRUFxQCs&feature=youtu.be

Selamat Ulang Tahun ke-66 bagi Unpar, dan selamat atas prestasi Dosen Fisika Unpar !