Fisika Terapan (Fisika Material, Fisika Instrumentasi, Fisika Pendidikan)

Konsentrasi/Peminatan Fisika Material mengarahkan penelitiannya untuk memahami lebih dalam, beberapa sifat fisika material, seperti sifat mekanik, termal, listrik-magnet, termasuk sifat optikanya. Pemahaman ini akan makin meningkatkan kemampuan dalam mengembangkan beberapa segi Fisika Material, terutama aplikasinya, yang akan memberikan dampak baik kepada masyarakat dan lingkungan alamnya. Secara spesifik jenis material yang dipelajari adalah Polimer, Liquid Crystal, dan teknologi nanomaterial.

Yang sedang diteliti antara lain adalah:
a. bagaimana kaitan perubahan warna kristal cair dengan perubahan suhu pada bahan Thermochromic Liquid Crystal (TLC) dan teknik pengolahan citra permukaan TLC.
b. bagaimana resonansi magnetik dapat digunakan untuk meneliti struktur material.
c. bagaimana dapat mengkarakterisasi material dengan sederhana, secara teoretis dan eksperimental.
d. bagaimana memahami sifat alir bahan-bahan “lunak”, yang biasanya bermolekul tidak-bulat.

Beberapa mahasiswa juga terlibat dalam penelitian dosen di konsentrasi ini, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Pengaruh TiO2, ZrO2, dan HfO2 Terhadap SiO2 (Deseani Elia Raharjo)
  2. Karakterisasi Grafena dan Aplikasinya (Yosefina Anita Wayak Teluma)
  3. Pengaruh Kandungan Senyawa dalam Semen Terhadap Sifat Fisis Kuat Lentur Genteng Beton (Yohanes Fan Erens Talu)
  4. Pengujian Kuantitatif Kandungan Logam (Pb) dalam Cat dengan Teknik Ragiografi (Thory Setradyanshah Yusuf)
  5. Studi Aplikasi TLC pada Pengukuran Distribusi Temperatur Telapak Kaki Manusia berbasis Morfologi Matematika pada Citra Hue (Yoseph Soeharto)
  6. Analisis Distribusi Kalor pada Permukaan Logam Menggunakan TLC (Muhammad Sovy Kartadilaga)

Sedangkan konsentrasi/peminatan Fisika Instrumentasi di Fisika Unpar mempelajari proses pengukuran tersebut menggunakan sensor, mengolahnya dengan filter dan sebagainya secara elektronis atau menggunakan komputer. Hasil pengukuran tersebut dapat digunakan untuk berbagai keperluan secara langsung, atau disimpan atau digunakan sebagai umpan balik membentuk sistem kendali tertutup (otomatis)

Berbeda dengan bidang teknik, lulusan bidang instrumentasi fisika menekankan pada pemecahan masalah dan konsep dasar sehingga sangat fleksibel untuk beradaptasi pada berbagai bidang pekerjaan seperti:

  1. Peneliti misalnya pada berbagai lembaga penelitian misalnya LIPI, BATAN, dsb.
  2. Berbagai bidang industri terutama yang menyangkut peralatan, sistem kendali, robotika, akuisis data, desain alat, dsb.
  3. Desainer sistem kendali, otomasi sistem dan berbagai peralatan terutama elektronika atau berbasis komputer.
  4. Bidang instrumentasi medis yang berkaitan dengan sistem pengolahan sinyal dan citra, serta peralatan yang digunakan di rumah sakit.

Untuk Fisika Pendidikan, difokuskan pada pengajaran fisika berbasis active learning untuk sekolah menengah, mahasiswa juga berkesempatan mempraktekkan langsung mengajar di sekolah-sekolah kerjasama, melalui wadah Bengkel Sains Unpar. Selain itu, mahasiswa juga dapat mengambil kerja praktek mengajar di sekolah-sekolah rekanan.

Spektroskopi, dan kaitan filsafat-kosmologi-iman dengan ilmu, juga menjadi minat lainnya di konsentrasi ini.

Bila tertarik dan ingin lebih dalam mempelajari tentang Fisika Terapan dan bidang-bidang Fisika yang lain, silahkan menghubungi langsung Dosen yang bersangkutan.