Seminar Program Studi Fisika: “Energi Terbarukan ”, oleh Dr. Aloysius Rusli

Seminar rutin ketiga pada tahun 2019 yang diadakan oleh Program Studi Fisika, UNPAR,  kali ini bertema: “Energi Terbarukan”, yang dibawakan oleh Dr. Aloysius Rusli. 

Dalam paparannya Dr. Aloysius Rusli menyampaikan, “Indonesia yang beriklim tropika, mencakup banyak laut, sungai dan gunung. Energi terbarukan merupakan fasilitas alami yang patut dikembangkan pemanfaatannya, dan fisika mendasari cara pemanfaatannya. “

Disampaikan pula bahwa tujuan dari pemaparan materi ini terutama adalah mengiktisarkan status bidang-bidang energi terbarukan saat ini, menampilkan prinsip fisika yang mendasari pemanfaatannya, dan menyediakan bahan ilmu yang dapat diramu menjadi suatu kuliah pilihan yang setara dengan 3 satuan kredit semester, yang dapat meningkatkan kesiapan peserta kuliah menangani pemanfaatan energi terbarukan secara lokal maupun dalam kerjasamaa secara global.

Seminar ini dihadiri oleh Dosen dan mahasiswa Fisika UNPAR. Peserta, terutama mahasiswa, cukup antusias dengan tema yang dibawakan, karena walaupun secara khusus materi ini tidak masuk ke dalam mata kuliah wajib, namun diberikan dalam mata kuliah pilihan. Oleh karena itu melalui seminar ini, wawasan mereka menjadi bertambah terutama tentang aspek fisika pada bidang energi terbarukan, dan dapat menjadi termotivasi untuk mempelajari lebih lanjut dalam mata kuliah pilihan Energi.