Seminar Program Studi Fisika: “Bereksperimen dengan Smartphone”

Program Studi Fisika, Universitas katolik Parahyangan rutin menyelenggarakan seminar yang terbuka bagi umum. Tahun ini untuk kedua kalinya, diselenggarakan pada Jumat 27 September 2019, dengan pembicara Janto V. Sulungbudi, S.Si., Dosen Program Studi Fisika UNPAR. dengan tema “Bereksperimen dengan Smartphone“.

Eksperimen sangat penting dalam pembelajaran fisika dan tidak lepas dari pengukuran. Walau saat ini telah tersedia berbagai perangkat eksperimen berbasis komputer, namun sering masih dianggap tidak praktis. Smartphone yang merupakan salah satu benda yang nyaris tidak pernah kita tinggalkan, ternyata telah dilengkapi dengan berbagai sensor yang dapat digunakan untuk berbagai pengukuran dan juga memiliki kemampuan menghitung dan mengolah data yang cukup mumpuni.

Pada seminar kali ini, Janto V. Sulungbudi, S.Si., menunjukkan berbagai kegiatan pengukuran/eksperimen dengan menggunakan smartphone sebagai salah satu instrumennya.

Seminar ini dihadiri oleh dosen dan mahasiswa UNPAR, Guru-Guru dari berbagai sekolah, dan siswa-siswi SMA. Peserta sangat antusias mendengarkan penjelasan sambil turut mencoba dengan smartphone masing-masing.

“Sangat menarik. Saya mendapat wawasan baru tentang berbagai aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk pengukuran dalam fisika”, tutur salah seorang peserta.