Seminar Intern Fisika November 2016: “Remote Physical Activity Monitoring for Eldery People Based on Wearable EMG and Radio Wave Devices”

 

 

20161118_111639

Pada tanggal 18 November 2016, Program Studi Fisika UNPAR dikunjungi oleh Xanno Kharis Sigalingging, seorang alumni Fisika angkatan 2006 yang sedang kuliah di National Taiwan University of Science and Technology. Dalam kesempatan ini, Xanno mengisi Seminar Intern dengan berbagi cerita tentang electromyography (EMG). Selain menjelaskan secara detail tentang EMG, Xanno mendemokan sebuah produk EMG yang dapat dipakai untuk mengendalikan komputer dari jarak jauh.

20161118_121542

Dalam risetnya yang berjudul “Remote Physical Activity Monitoring for Eldery People Based on Wearable EMG and Radio Wave Devices”, ia berusaha membangun sebuah sistem yang memantau kondisi dan kegiatan lansia tanpa melanggar privasi lansia tersebut. Sistem merupakan bagian dari internet of things (IOT) dengan memakai EMG sebagai sensor dan transmisi dengan sinyal gelombang radio. Sinyal tersebut kemudian diproses dengan menggunakan machine learning agar kondisi pasien lansia diketahui. Jika ternyata pasien tersebut berada dalam kondisi yang dapat membahayakan jiwa, maka sistem mengirimkan tanda bahaya agar pasien dapat diselamatkan. Tak lupa Xanno berbagi pengalaman dan tips yang didapat selama kuliah di Taiwan. Terima kasih Xanno atas cerita-ceritanya. Sukses untuk riset dan perkuliahannya.

X