Seminar Intern Fisika Januari 2017: “Era Gelombang Gravitasi”

whatsapp-image-2017-01-21-at-2-17-20-pm

Pada tanggal 13 Januari 2017 yang lalu Program Studi Fisika UNPAR mengadakan seminar internal. Pembicara seminar kali ini adalah Yoshinta E. Setyawati yang merupakan alumni Fisika UNPAR 2004 dan yang baru saja menyelesaikan program Master di Radboud University, Belanda. Ia membawakan seminar berjudul “Era Gelombang Gravitasi.” Yoshinta tergabung dalam kolaborasi LIGO-VIRGO yang mengamati gelombang gravitasi tahun 2015 yang lalu.

whatsapp-image-2017-01-21-at-2-17-21-pm

Seminar ini dimulai dengan menceritakan sejarah dan motivasi pencarian gelombang gravitasi. Kemudian Yoshinta menceritakan cara kerja dari detektor LIGO dan berbagai noise yang harus dihadapi. Salah satu fakta unik yang dikemukakan Yoshinta adalah eksperimen LIGO yang sangat peka sehingga aktivitas penebangan kayu ataupun mobil yang lewat di dekat eksperimen akan terdeteksi. Yoshinta kemudian menceritakan berbagai aspek pengolahan data sehingga sinyal gelombang gravitasi dapat diamati. Seminar ini ditutup dengan ulasan berbagai rencana eksperimen seperti EPTA, LiSa dan NanoGrav yang akan terus mengungkap misteri dari gelombang gravitasi.

whatsapp-image-2017-01-13-at-12-39-19-pm

Yoshinta akan menempuh pendidikan doktoralnya di Max Planck Institute for Astrophysics Hannover, Jerman. Walaupun berpindah institusi, ia akan tetap bergabung di kolaborasi LIGO-VIRGO. Sukses untuk perkuliahannya, Yoshinta!

X