Program Studi Fisika Meraih Peringkat Akreditasi A

Dewasa kini, peringkat akreditasi menjadi salah satu indikator yang digunakan untuk melihat latar belakang akademik dari para lulusan yang tengah mencari pekerjaan. Pada prinsipnya, akreditasi menunjukkan bahwa kegiatan akademik pada suatu program studi telah memenuhi standar mutu yang telah ditetapkan. Dalam hal ini, merujuk pada Peraturan Pemerintah No.19 Tahun 2005 mengenai Standar Nasional Pendidikan.

Adapun proses akreditasi yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT), dapat mendorong program studi untuk melakukan perbaikan dan peningkatan mutu pendidikan.

Berdasarkan pada SK No. 1122/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2015 dari BAN-PT, Program Studi Fisika Unpar memperoleh peringkat akreditasi A. Adapun SK tersebut berlaku sampai dengan 31 Oktober 2020.

Salah satu komponen penilaian akreditasi yaitu kurikulum, proses belajar, dan suasana akademik; kegiatan unggulan Akademis Kemahasiswaan Program Studi Fisika yaitu Bengkel Sains Unpar. Sejak tahun 2008, Bengkel Sains Unpar telah beroperasi atas inisiatif para alumni dan mahasiswa aktif Program Studi Fisika. Melalui Bengkel Sains Unpar, siswa/i SMP dan SMA sederajat dapat memahami penerapan teori-teori fisika dengan cara sederhana namun tetap menyenangkan. Kini, Program Studi Fisika tengah menyelenggarakan beberapa konsentrasi mata kuliah pilihan di antaranya, fisika komputasi, fisika material, fisika medis, fisika teori, dan geofisika.

Tidak hanya Program Studi Fisika, Program Studi Matematika turut memperoleh peringkat akreditasi A dari BAN-PT melalui SK No. 1021/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2015 dan berlaku sampai dengan 3 Oktober 2020. Adapun perolehan peringkat akreditasi A menunjukkan konsistensi mutu pendidikan, khususnya dari bidang peminatan Matematika Keuangan, Matematika Asuransi, dan Matematika Industri yang diperoleh pada tahun 2005.

Pada saat yang bersamaan, Program Studi Teknik Informatika memperoleh peringkat akreditasi B melalui SK No. 846/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2015 yang berlaku sampai dengan 15 Agustus 2020. Kini, Program Studi Teknik Informatika Unpar giat meningkatkan kompetensi lulusan dengan menggandeng berbagai institusi dan industri ternama di antaranya, Cisco Networking Academy Program yang memungkinkan lulusannya untuk memperoleh sertifikat sebagai bukti kompetensi di bidang administrasi jaringan komputer.

Senada dengan cita-cita luhur The Great Unpar maka, peringkat akreditasi yang diperoleh oleh ketiga Program Studi FTIS menunjukkan Unpar sebagai komunitas pendidikan yang berusaha untuk semakin maju dan berkembang.

X