Profil

DSC_0231

Program Studi Fisika Universitas Katolik Parahyangan (Prodi Fisika UNPAR) merupakan satu-satunya program studi Fisika di universitas swasta di Indonesia yang terakreditasi A oleh BAN-PT. Prodi Fisika UNPAR didesain untuk menyelaraskan hubungan antara aplikasi ilmu fisika dengan kebutuhan dunia kerja yang menuntut sumber daya manusia yang tinggi dan adaptif terhadap perkembangan teknologi saat ini.

Saat ini 70% dari Dosen di Prodi Fisika UNPAR telah menyelesaikan studi di jenjang S3 dari berbagai perguruan tinggi di luar negeri (USA, UK, Australia dan Kanada), sedangkan beberapa dosen aktif lainnya merupakan lulusan S2 dari berbagai perguruan tinggi di luar dan dalam negeri (Tehnische Universität Dresden, Jerman, ITB dan UGM).

Prodi Fisika UNPAR menawarkan materi perkuliahan yang cukup fleksibel dan mencakup berbagai bidang sehingga mahasiswa yang berpikir untuk memiliki karir dalam dunia penelitian, pengajaran ataupun industri dapat terlayani dengan baik. Beberapa konsentrasi mata kuliah pilihan ditawarkan di Prodi Fisika UNPAR yakni fisika komputasi, fisika material, fisika medis, fisika teori dan fisika partikel. Selain itu kurikulum yang ada dilengkapi dengan ‘transferable skills’ sehingga lulusan Prodi Fisika UNPAR tidak hanya dilengkapi dengan pengetahuan sains yang mendalam tetapi juga kemampuan untuk beradaptasi dengan cepat di lingkungan kerjanya.

Setiap tiga bulan sekali Prodi Fisika UNPAR menyelenggarakan kegiatan seminar intern. Pada seminar tersebut, para pakar fisika baik dari dalam maupun luar UNPAR diundang untuk menceritakan penelitian terbaru mereka dan bertukar pikiran dengan komunitas Prodi Fisika UNPAR.

Selain itu Prodi Fisika UNPAR memiliki dua kegiatan ekstra kurikuler: bengkel sains dan kompetisi fisika. Melalui kegiatan tersebut mahasiswa Prodi Fisika UNPAR dapat mengembangkan potensi fisika mereka. Untuk melatih kemampuan berbahasa Inggris, Prodi Fisika UNPAR memiliki komunitas berbahasa Inggris di mana para dosen dan mahasiswa berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris satu sama lain. Diharapkan dengan kemampuan-kemampuan di atas, daya saing mahasiswa Prodi Fisika UNPAR meningkat di era perdagangan bebas Asean-China Free Trade Agreement.

X