Prestasi Mahasiswa Fisika dalam Kompetisi Internasional : Mathematical Contest in Modeling (MCM) 2019

Mahasiswa Program Studi Fisika UNPAR, yang diwakili oleh Stevanus Setiawan, bersama dengan mahasiswa dari Program Studi Matematika UNPAR, yaitu Maria Regina Kusnadi dan Nadya Tjindra,  mengikuti perlombaan tingkat internasional, Mathematical Contest in Modeling (MCM) 2019. MCM 2019 merupakan kompetisi online yang diikuti oleh ribuan tim dari berbagai negara.

Dalam kompetisi tersebut peserta harus menyelesaikan permasalahan yang diberikan dalam waktu tertentu menggunakan pemodelan matematika (Contoh problem yang harus diselesaikan dapat dilihat pada link berikut: https://www.comap.com/undergraduate/contests/mcm/contests/2019/problems/).

Dalam kompetisi ini, Stevanus dan Tim berhasil memperoleh penghargaan Successful Participants.

Ketika diminta sharing tentang apa motivasi mengikuti perlombaan ini, Stevanus mengatakan, “Saya mengikuti kompetisi MCM karena masalah-masalah yang mereka tawarkan biasanya menarik, terutama masalah-masalah yang berhubungan dengan kehidupan sosial, seakan kita ditantang untuk menyelesaikan masalah sosial dari sudut pandang matematis.”

“Kalau bicara tentang manfaat mengikuti perlombaan ini, setidaknya saya sendiri merasa lebih rasional dalam menanggapi masalah sehari-hari dengan lebih rasional”, tambah Stevanus.

Selamat atas prestasinya, semoga dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa lain.