Penelitian dan Pengabdian

Kegiatan Penelitian di Program Studi Fisika terpusat di KBI (Komunitas Bidang Ilmu) masing-masing. KBI yang saat ini aktif adalah:

  1. KBI Fisika Teori
  2. KBI Fisika Material
  3. KBI Fisika Medis dan Instrumentasi

Penelitian yang dilakukan oleh dosen secara umum dilaksanakan melalui skema penelitian mandiri, hibah internal dan hibah eksternal. Para Dosen berkolaborasi dengan rekan dosen lainnya dalam KBI yang sama maupun lintas KBI,  selain itu beberapa dosen yang melibatkan mahasiswa dalam melaksanakan penelitiannya, sehingga produktivitas penelitian menjadi meningkat, dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa dengan adanya transfer ilmu dan pengetahuan.

Hasil penelitian secara rutin dipublikasikan dalam jurnal ilmiah internasional bereputasi, jurnal nasional, maupun pertemuan ilmiah internasional  luar negeri dan dalam negeri.

Artikel ilmiah/karya ilmiah/karya seni/buku dapat dilihat pada publikasi setiap Dosen, pada laman:  http://fisika.unpar.ac.id/dosen/

Sedangkan untuk kegiatan pengabdian, Program Studi Fisika berfokus pada penyebarluasan pengembangan bidang pembelajaran fisika yang menarik dan inovatif, untuk dapat diterapkan pada pengajaran jenjang dasar dan menengah. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara berkala dengan sasaran Guru Fisika/IPA dan Siswa-Siswi berbagai jenjang , melalui kerjasama dengan berbagai pihak.

Berikut kegiatan Pegabdian yang diselenggarakan secara rutin:

  1. Pelatihan Guru Fisika (PGF) ( Info lebih lanjut dapat dilihat pada: Berita PGF 2016 , PGF 2018)
  2. Bengkel Sains UNPAR (BSU) 
  3. FUSION (Fun Physics Competition)
  4. Workshop on Active Learning in Optics and Photonics (ALOP) 
  5. Workshop Sains dengan tema Crime Scene Investigation (CSI)