Pengabdian

1. Pelatihan Guru Fisika (PGF)


Setiap 2 tahun sekali Program Studi Fisika unpar rutin mengadakan Pelatihan Guru Fisika sebagai wujud pengabdian para dosen untuk memberi pelatihan kepada para Guru Fisika Indonesia, dengan topik yang berbeda-beda. Pelatihan guru fisika menekankan pada Inovasi Pembelajaran Fisika berupa pelatihan perakitan alat, penggunaan alat peraga, maupun bentuk demonstrasi lainnya dalam mengajar fisika. Informasi lebih detail mengenai contoh kegiatan tersebut dapat dilihat di link berikut: Berita PGF 2016

2. Bengkel Sains Unpar (BSU)

 

Bengkel Sains UNPAR (BSU) merupakan wadah yang dibentuk oleh mahasiswa Fisika UNPAR untuk menyajikan sains yang sederhana dengan cara mengenalkan eksperimen sains dalam kehidupan sehari-hari kepada para peserta didik. Bentuk realisasi yang BSU lakukan adalah melakukan kerja sama dengan SMA dan SMP di wilayah Bandung.

Tujuan dari kegiatan BSU adalah:

  1. Memberikan pemahaman konsep sains dalam kehidupan sehari-hari kepada siswa/i SMP dan SMA melalui kegiatan ekstrakurikuler.
  2. Mengenalkan ilmu sains dengan cara yang menyenangkan dan interaktif, sehingga diharapkan mindset siswa/i mengenai sains yang sulit dapat berkurang menjadi Belajar Sains itu Menyenangkan.
  3. Menjadi sarana pengabdian masyarakat melalui pengembangan minat dan bakat siswa/i segala tingkat (SD, SMP, dan SMA) di bidang sains.
  4. Mengembangkan soft skill dan hard skill mahasiswa Fisika UNPAR.

Informasi lainnya tentang Bengkel Sains Unpar (BSU) dapat dilihat di link berikut ini:  Berita tentang Bengkel Sains Unpar (BSU)

3.  Workshop on Active Learning in Optics and Photonics (ALOP)

ALOP (Active Learning in Optics and Photonics) diinisiasi oleh UNESCO bekerja sama dengan ICTP (Abdus Salam International Centre for Theoretical Physics), merupakan workshop pembelajaran optik dan fotonik secara aktif, aplikatif dan praktis menggunakan alat dan bahan yang tersedia secara lokal dan murah.

Sejak tahun 2015, program studi fisika unpar terlibat dalam rangkaian kegiatan ini. Tahun 2016, Janto V. Sulungbudi, dosen Prodi Fisika UNPAR, menjadi salah satu fasilitator Workshop ALOP di Pudak Scientific Bandung. Workshop ini terlaksana berkat kerja sama dengan Pudak Scientific, Center for Young Scientists dan Center for Innovative Learning.

Tahun 2017, program studi fisika unpar berkesempatan menjadi tuan rumah ALOP 2017. ALOP 2017 terselenggara berkat kerjasama antara Center for Young Scientists (CYS), Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR), dan PUDAK Scientific.

Informasi mengenai ALOP 2017 dapat dilihat di link berikut ini: ALOP 2017 dan berita mengenai pelaksanaan ALOP 2017 dapat dilihat di link berikut ini: Berita ALOP 2017

 

 

Pendaftaran Sahabat Fisika

Sahabat Fisika” merupakan sahabat-sahabat yang tertarik dengan ilmu fisika (Bapak/Ibu Guru, mahasiswa, praktisi pendidikan, siswa-siswi, dan siapa saja). Daftar ini menjadi acuan kami jurusan Fisika Unpar untuk mengirimkan informasi sesuai bidang yang diminati, seperti:
1. Membagikan softcopy “majalah” tentang perkembangan fisika terkini (Hot news in physics)
2. Membagikan ide-ide riset bidang fisika dan bidang lainnya (Research)
3. Membagikan ide-ide untuk belajar dan mengajar (Teaching)
4. Membagikan informasi tentang workshop (Workshop)
5. Membagikan informasi tentang Fisika Unpar seperti penerimaan mahasiswa baru dsb (Fisika Unpar)

X