Panduan Tugas Akhir

  1. Tugas Akhir adalah nama karya tulis dan nama mata kuliah berbobot 8 (delapan) sks, merupakan kegiatan yang wajib dilakukan untuk memenuhi salah satu syarat memperoleh gelar sarjana.
  2. Tujuan Tugas Akhir sebagai karya tulis dan sebagai mata kuliah adalah mendidik dan melatih mahasiswa untuk memanfaatkan dan merangkum hasil studinya pada jenjang stratum-1 (S-1), dengan menerapkannya pada suatu masalah dalam bidang ilmu yang sedang didalaminya. Mahasiswa diharapkan mampu
  • merumuskan masalah,
  • menganalisis masalah secara teoretik dan / atau eksperimental,
  • menghayati interpretasinya,
  • menarik suatu kesimpulan,
  • mempresentasikan laporan yang ringkas dan jernih.
  1. Sasaran mata kuliah Tugas Akhir adalah menghasilkan suatu karya tulis ilmiah berbobot yang selaras dengan jenjang S-1 dalam bidang ilmu terkait.
  2. Pelaksanaan mata kuliah Skripsi dalam suatu program studi dikoordinasikan oleh seorang Koordinator Tugas Akhir yang diangkat oleh pimpinan Program Studi Fisika. Tugas Koordinator Tugas Akhir adalah menjaga homogenitas pelaksanaan Skripsi di lingkungan Program Studi Fisika.
  3. Isi Tugas Akhir dilaporkan pada Ujian Tugas Akhir, yang bertujuan untuk menilai hasil laporan tertulis dan lisan di hadapan tim penguji.

Pembimbing Tugas Akhir

  1. Proses penyusunan Tugas Akhir didampingi oleh seorang pembimbing utama dan/atau pembimbing-serta yang diusulkan oleh mahasiswa dan disetujui oleh Koordinator Skripsi / pimpinan Program Studi Fisika.
  2. Pembimbing Utama Tugas Akhir adalah
  • Dosen berpendidikan magister/doktor dengan jabatan fungsional minimal Asisten Ahli.
  • Dosen (dapat berasal dari luar program studi) yang memiliki kualifikasi dalam bidang relevan.
  1. Pembimbing-serta adalah dosen FTIS Unpar yang berdasarkan kepangkatan akademik belum mandiri. Penugasan pembimbing-serta adalah untuk kepentingan pembinaan dan pengembangan bidang dan harus disetujui oleh pembimbing.
  2. Mahasiswa disarankan untuk mulai menjajagi calon dosen pembimbing Tugas Akhir pada satu semester sebelum semester terdaftarnya Tugas Akhir, biasanya pada semester terdaftarnya mata kuliah Seminar.

Kewajiban pembimbing dan pembimbing-serta (jika ada) adalah

  • Memberikan bimbingan dengan beban kerja selaras dengan bobot 8 (delapan) sks untuk seluruh Tugas Akhir, dengan jumlah pertemuan antara pembimbing dan pembimbing serta dengan mahasiswa minimal 8 kali.
  • Memperhatikan mutu Tugas Akhir selaras dengan jenjang S-1 seperti tercantum pada tujuan Tugas Akhir di atas.
X