Kuliah Tamu: Elektrokardiografi (EKG) dan Pengembangan Aplikasi Android (Narasumber: Arga Aridarma S.Si, M.T., )


Arga Aridarma S.Si, M.T. (tengah) bersama dengan mahasiswa Program Studi Fisika dalam kuliah Fisika Instrumentasi Medis

Program Studi Fisika rutin menyelenggarakan kuliah tamu untuk mendukung materi perkuliahan sehingga wawasan mahasiswa menjadi lebih luas, khususnya dari segi aplikasi dan perkembangannya di berbagai bidang.

Kali ini, kuliah tamu diselenggarakan dalam kelas Fisika Instrumentasi Medis yang diampu oleh Flaviana, S.Si, M.T., dengan narasumber Arga Aridarma S.Si, M.T., pada Selasa, 26 Februari 2019. Topik yang dibawakan adalah: Elektrokardiografi (EKG) dan Pengembangan Aplikasi Android.

Arga Aridarma S.Si, M.T.  menjelaskan tentang prinsip kerja alat EKG. Alat EKG merupakan merekam aktivitas kelistrikan jantung dalam waktu tertentu. Beliau juga bercerita tentang proses pembuatan alat ini bermula dari kebutuhan industri kesehatan, yang dibangun melalui riset institusi pendidikan, kemudian dilanjutkan dengan proses uji safety dan uji klinis. Proses tersebut masih berlanjut dengan terus mengikuti perkembangan teknologi saat ini (berbasis aplikasi Android).

“Kuliah tamu yang menarik, karena selain mempelajari EKG, juga mendapat informasi mengenai tantangan perihal memproduksi suatu alat dimulai dari uji klinis dan uji kelayakan. “ Ujar Cindy, mahasiswa fisika angkatan 2016 .  “Semoga lebih sering diadakan kuliah tamu seperti ini untuk memberikan bayangan ketika mau memasuki dunia kerja Cindy.” Tambahnya.