Fisika Teori

800px-BH_LMC

Para anggota Komunitas Bidang Ilmu (KBI) Fisika Teori berusaha untuk mengerti batas-batas ekstrim dari alam semesta melalui riset mereka. Berbagai topik penelitian yang dilakukan oleh para anggota KBI ini adalah

a) Lubang hitam
Lubang hitam merupakan suatu obyek yang memiliki medan gravitasi yang sangat kuat sehingga cahaya pun tidak dapat keluar dari lubang hitam. Awalnya lubang hitam hanyalah sebuah obyek matematis, namun sekarang keberadaanya telah dibuktikan. Di setiap galaksi dengan ukuran besar terdapat lubang hitam dengan ukuran sangat besar (supermassive black hole), termasuk di galaksi kita Bima Sakti. Riset yang dilakukan oleh KBI teori adalah untuk terus menggali aspek matematis dari lubang hitam menggunakan gambaran teori relativitas umum Einstein, termasuk kaitannya dalam teori holografi.

b) Fisika Partikel
Topik fisika partikel mempelajari interaksi partikel terkecil yang diketahui, yakni quark dan lepton. Berbagai misteri masih harus dikuak dalam riset-riset fisika partikel antara lain materi gelap, keberadaan materi yang lebih banyak dari anti materi, dan hirarki massa quark dan lepton. Untuk menjawab misteri ini, berbagai model fisika baru dicetuskan. Prediksi dari model ini kemudian dibandingkan dengan berbagai data dari penumbuk partikel, seperti LHC, dan satelit seperti Fermi-LAT.

3) Teori Medan Kuantum
Teori medan kuantum merupakan teori yang menggambarkan dimensi terkecil yang saat ini kita ketahui. Teori ini merupakan penggabungan dari teori kuantum dan teori relativitas khusus Einstein. Berbagai aspek matematis dari teori ini terus dipelajari dalam riset KBI Fisika Teori.

Feynmann_Diagram_Gluon_Radiation.svg

X