indopos.co.id – Masih ingat program edutainment di televisi, kuis Galileo yang begitu popular pada 2000–2004? Adalah fisikawan Janto Sulungbudi yang menyuguhkan konten pertanyaan dan percobaan ilmiah populer di kuis tersebut.

’’Belajar fisika itu menyenangkan. Fisika itu bukan pelajaran yang menakutkan,’’ kata dosen Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) tersebut di laboratorium Center for Innovative Learning, Tangerang, belum lama ini. Nah agar pembelajaran fisika di dalam kelas berlangsung menarik dan menyenangkan, dia menuturkan bahwa guru harus menyuguhkan kemasan edutainment.

Dia mendapatkan inspirasi dari pesulap ketika menyuguhkan pembelajaran fisika. Menurut Janto, yang disajikan tukang sulap itu ya itu-itu saja. Meski begitu, pengunjungnya tetap terkesima. ’’Fisika juga harus begitu,’’ ujarnya. Bagi Janto, pesulap itu selalu menyuguhkan atraksi menarik karena berhasil membuat penasaran penonton. Begitu pula pembelajaran fisika yang harus dikemas supaya murid-murid dibuat penasaran. (wan/c14/sof)