FUSION 2017, Jelajahi Keajaiban Fisika

Belajar fisika dapat dikemas dalam berbagai kegiatan yang menyenangkan. Salah satunya melalui kompetisi sains yang diselenggarakan Program Studi Fisika dan Himpunan Mahasiswa Program Studi Fisika (HMPSF) Universitas Katolik Parahyangan (Unpar). Tahun ini, Fun Science Competition (FUSION) dilaksanakan pada 19-20 Oktober 2017, bertempat di Aula Fakultas Ekonomi (Gedung 9) kampus Unpar, Ciumbuleuit.

Dalam FUSION 2017 yang mengambil tema “Maxwell’s Magic” ini, siswa-siswi peserta lomba tidak hanya diuji secara teori, tetapi juga dalam bentuk praktik dan pengamatan secara langsung mengenai fisika. Babak dalam kompetisi juga dirancang secara menarik dan menyenangkan.

Selain perlombaan, diselenggarakan pula workshop yang dikhususkan bagi para guru pendamping. Para guru mempraktikkan pembuatan dasar wireless charging, fitur yang kini disediakan oleh banyak produsen ponsel.

Hal tersebut sejalan dengan tema besar “Maxwell’s Magic” yang merumuskan konsep gelombang elektromagnetik. Dalam workshop tersebut, tim penyelenggara ingin menggambarkan prinsip dasar mengenai cara kerja wireless charging yang mana fitur tersebut dapat dibuat sendiri.

Ketua Program Studi Fisika Philips N. Gunawidjaja Ph.D mengungkapkan, antusiasme peserta yang mengikuti FUSION tahun ini meningkat. “Tahun ini adalah tahun dimana ada 64 tim yang daftar (kompetisi). Terbesar selama 15 tahun kami mengadakan (FUSION),” katanya kepada Tim Publikasi.

Antuasiasme tersebut, lanjutnya, juga dirasakan oleh para guru pendamping yang mengikuti sesi workshop tentang wireless charging. Konsep tersebut dimulai dari sesuatu yang sederhana dan dicoba untuk diverifikasi dengan prinsip ilmu Fisika. “Guru-guru tertarik. Mereka merasa enjoy. (Selain itu), kita juga mencoba kenalkan cara kita kuliah di sini,” ungkapnya.

Adapun, kompetisi dibagi ke dalam dua babak, yaitu babak utama serta Science Market sebagai babak tambahan. Keikutsertaan lomba terbuka bagi siswa-siswi SMP dan SMA seluruh Indonesia. SMA Santa Angela Bandung memenangkan Juara I tingkat SMA, sedangkan Juara I tingkat SMP diraih SMP Santo Aloysius Bandung.

Melalui FUSION, diharapkan dapat menumbuhkan minat dan kecintaan pada ilmu murni, terutama Fisika yang dapat diaplikasikan ke berbagai ilmu lainnya.