Fisika Unpar dalam Produksi Film Naura & Genk Juara

Tim Bengkel Sains Program Studi Fisika Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) yang merupakan kegiatan ekstrakulikuler bagi mahasiswa Program Studi (Prodi) Fisika, bekerjasama dengan Kompas TV memproduksi sebuah film musikal bertemakan sains. Film ini berjudul Naura & Genk Juara yang disutradarai oleh Eugene Panji dan dibintangi oleh penyanyi cilik Adyla Rafa Naura Ayu.

Film ini bercerita tentang petualangan seorang anak perempuan bernama Naura dan tiga sahabatnya, Okky (Joshua Yori Rundengan), Bimo (Vickram Priyono), dan Kipli (Andryan Bima Sulaiman) ketika mengikuti kompetisi Kemah Sains.

Dalam produksi Film Naura & Genk Juara, para anggota Bengkel Sains Unpar tergabung dalam sebuah tim yang dinamakan dengan Tim Sains yang dikoordinasikan oleh Syailendra Harahap (alumnus Fisika Unpar 2001). Tugas utama dari Tim Sains adalah merancang dan membuat eksperimen yang menarik sesuai dengan keinginan sutradara.

Selain itu, Tim Sains  membantu dan mengarahkan para pemain untuk melakukan eksperimen tersebut pada saat shootingberlangsung. Eksperimen-eksperimen yang dirancang anggota Bengkel Sains Unpar di antaranya adalah roket air, hologram asap, thunder tube, savonius, bazoka powder, robot suntikan, bom semangka, bom nitrogen, giant toothpaste, api menari, coca-cola mentos, balon dry ice, perahu sabun, susu warna-warni, telur meledak, kawat Mr. Bean, gelembung sabun dry ice, pisang beku, tornado air, kursi paku, rubegoldberg machine, dan frekuensi pasir.

Dari sekian banyak eksperimen tersebut, para mahasiswa menyadari rupanya hard skills yang dipelajari di perkuliahan harus ditopang dengan soft skills yang cukup. Kerja sama, komunikasi, manajemen waktu, dan kreativitas sangat diperlukan agar proses pembuatan film dapat berjalan dengan baik.

Para mahasiswa sungguh beruntung bahwa perkuliahan di Prodi Fisika Unpar menanamkan kemampuan hard skill dan soft skillsecara bersamaan. Selama proses  pembuatan film tersebut yang berlangsung selama 1 bulan di Sukabumi dan 4 hari di Bogor, para mahasiswa mendapatkan pengalaman berharga. Mereka bertemu, berkenalan, berbagi cerita dan pengalaman dengan para ahli di bidang perfilman. Wawasan para mahasiswa juga bertambah. Mereka belajar untuk saling menghargai dan bekerja secara profesional agar proses shooting dapat berjalan dengan lancar dan baik.

Adapun, film Naura dan Genk Juara akan mulai ditayangkan pada bulan November 2017.

(RP)

Sumber: unpar.ac.id