Bengkel Sains UNPAR

Bengkel Sains UNPAR merupakan salah satu kegiatan Akademis Kemahasiswaan Program Studi Fisika Universitas Katolik Parahyangan yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2008 dengan Misi: To bring the excitement of learning science to all kids and to all people around the world. Awalnya Bengkel Sains UNPAR merupakan murni inisiatif usaha dari Alumni Fisika UNPAR dengan merekrut Mahasiswa Aktif Fisika UNPAR untuk turut ambil bagian dalam mengajar di sekolah yang telah menjadi binaan Bengkel Sains UNPAR. Namun saat ini Bengkel Sains UNPAR dibantu oleh UNPAR serta program studi Fisika UNPAR dengan pengangkatan Flaviana, S.Si., M.T. sebagai Penaggung Jawab Bengkel Sains UNPAR.

Kegiatan Bengkel Sains UNPAR ini diadakan untuk membantu para pelajar (SMP-SMA sederajat) yang ada di wilayah kota Bandung khususnya yang ingin mengenal lebih dalam dunia fisika lewat modul-modul yang telah disiapkan untuk dipraktekkan dengan cara yang sederhana dan tentunya menjadi lebih menyenangkan. Biasanya Bengkel Sains UNPAR diminta untuk mengajarkan modul-modul fisika lewat praktikum di kegiatan ekstrakurikuler. Lewat kegiatan ini para pelajar menjadi lebih memahami bagaimana penerapan teori-teori fisika kedalam kehidupan sehari-hari sehingga pelajar yang sebelumnya kurang memahami konsep fisika, lewat praktek ini menjadi benar-benar mengerti. Saat ini Bengkel Sains UNPAR sudah melakukan pengajaran atau bimbingan di beberapa sekolah seperti SMA Santa Maria 1 Bandung, SMAK II BPK Penabur Bandung, SMP PANDU, SMP St.Angela Bandung, SMP Slamet Riyadi, dll.

Dilain pihak para pengajar Bengkel Sains UNPAR juga memperoleh segudang pengalaman seperti pengajar mampu menyalurkan ilmu yang diperoleh kepada anak didiknya lalu pengajar memahami bagaimana cara menghadapi dan mengajar yang baik dan efektif sekaligus mengenalkan UNPAR di kalangan para pelajar khususnya mengenalkan program studi Fisika kepada para pelajar yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi.

Info lebih lanjut mengenai Bengkel Sains dapat menghubungi pihak Bengkel Sains UNPAR di Gedung 9 Lt.1 atau menghubungi Flaviana (Flaviana@unpar.ac.id).

X