Bengkel Sains Unpar dalam acara Gamaliel’s Science Day

Pendidikan Sains secara formal telah dimulai dari jenjang sekolah dasar (SD), yang menunjukkan betapa Sains memegang peranan yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu cara yang efektif dalam kegiatan pembelajaran sains adalah dengan melatih anak bereksperimen secara riil .

Pada hari Sabtu, 2 April yang lalu, tim Bengkel Sains Unpar (Himpunan Mahasiswa Program Studi Fisika) bekerja sama dengan SDK Gamaliel menyelenggarakan acara Gamaliel’s Science Day bertempat di gedung SDK Gamaliel, Jalan Jenderal Sudirman Bandung . Acara yang dimulai pukul 08.00 ini dibuka dengan arak-arakan tarian tradisional oleh siswa/I SDK Gamaliel yang menghantar para peserta lomba menuju aula utama. Dilanjutkan dengan serangkaian acara pembukaan, sekaligus penjelasan mengenai aturan lomba.

Lomba yang diikuti oleh 13 tim siswa/I Sekolah Dasar di Bandung ini dikemas secara menarik, oleh Bengkel Sains Unpar, dengan harapan agar peserta lomba mendapatkan pengalaman kompetisi sains yang baru. Dimulai dari Babak Penyisihan yang terdiri dari Tes Tertulis (Pilihan Ganda) dan Tes Rangkaian Listrik, lima tim peserta yang lolos penyisihan bertanding dalam Babak Final. Babak Final, yang bentuknya mengadopsi acara Kuis Galileo di salah satu stasiun televisi, mendorong para tim finalis untuk berpikir secara cepat dan kritis.
Tak kalah menariknya, acara Gamaliel’s Science Day turut menampilkan pameran sains. Para siswa/I SD maupun orang tua siswa mengunjungi stand pameran yang menunjukkan alat-alat peraga sains, seperti mikroskop laser, hologram, fluorescence, ilusi optik, dan sebagainya. Siswa/I tersebut terlihat begitu antusias mengamati serta mencoba alat-alat yang diperagakan.

Secara keseluruhan, acara ini mendapatkan apresiasi yang cukup baik dari peserta lomba, penonton, serta para pengunjung pameran. Melalui kegiatan serupa seperti ini, diharapkan dapat memberikan pengalaman sains tersendiri bagi anak-anak.

X