Batu Landasan Bernama Fisika Unpar

Saya masuk kampus UNPAR pada tahun 2002, tata letak dan suasana kampus saat itu belum seperti sekarang. Saya diterima di UNPAR melalui jalur PMDK. Saat itu saya tidak berusaha mendaftar di universitas lain, karena saya sudah merasa UNPAR adalah pilihan yang tepat. Nampaknya keputusan saya saat itu sangat tepat. UNPAR dikenal memiliki iklim akademik yang baik, itulah yang saya rasakan sejak pertama kali memulai kuliah. Hal ini adalah modal utama untuk mendidik calon-calon lulusan sarjana yang memiliki penguasaan ilmu (fisika), etos kerja, dan karakter yang baik.

Di Jurusan Fisika, dosen-dosen yang saya temui ramah dan baik, mereka juga terbuka terhadap saran dan kritik. Teman-teman seangkatan sangat akrab, hubungan kami dengan angkatan yang lebih senior dan junior pun akrab dan hangat. Dalam menyelanggarakan berbagai kegiatan himpunan pun kami laksanakan dengan suasana kekeluargaan yang kental. Hal-hal inilah yang menjadi pendukung kuat untuk membuat saya dan banyak teman-teman mahasiswa fisika merasa nyaman menuntut ilmu di Jurusan Fisika, UNPAR. Budaya persaudaraan dan keakraban ini terus diwariskan sampai saat ini. Kami saling membantu dan mendukung sekuat kemampuan kami walaupun kami terpisahkan oleh jarak. Budaya kekeluargaan dalam komunitas mahasiswa fisika inilah yang menjadi ciri khas dan keistimewaan Jurusan Fisika, UNPAR.

Selama kuliah di fisika UNPAR, saya memperoleh dasar-dasar keilmuan fisika dan soft skills yang cukup sebagai batu landasan untuk melanjutkan pendidikan pascasarjana di bidang fisika dan menekuni profesi saya sekarang. Kuliah-kuliah yang saya jalani di tingkat awal sudah mulai memberikan warna tersendiri misalnya dosen memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar berpikir logis-kritis dan arahan untuk memanfaatkan media internet sebagai sebuah referensi untuk menggali ilmu pengetahuan. Kuliah-kuliah di tingkat lanjut makin mempertajam daya analitis dan kemampuan berpikir sistematis. Pendekatan konseptual-teoritis dan eksperimental yang terangkai dari berbagai mata kuliah adalah kunci dalam menjalani profesi saya sebagai peneliti di bidang fisika teori dan pendidik di tingkat pendidikan tinggi dan menengah saat ini.

Semoga iklim akademik seperti ini terus terjaga dan Tuhan Yang Maha Kuasa selalu merestui dan menyertai langkah kaki Jurusan Fisika, UNPAR. Jayalah selalu Jurusan Fisika, Fakultas Teknologi Informasi dan Sains, dan Universitas Katolik Parahyangan!

(Kian Ming, Fisika UNPAR 2002)

X