Active Learning in Optics and Photonics

gls_8448
ALOP (Active Learning in Optics and Photonics) diinisiasi oleh UNESCO bekerja sama dengan ICTP (Abdus Salam International Centre for Theoretical Physics), merupakan workshop pembelajaran optik dan fotonik secara aktif, aplikatif dan praktis menggunakan alat dan bahan yang tersedia secara local dan murah.
Banyak miskonsepsi dalam bidang optik (dan fisika pada umumnya) yang terjadi karena pembelajaran dengan metoda ceramah saja. Dari hasil penelitian (ALOP Training Manual, UNESCO) miskonsepsi ini sangat sulit dikoreksi dengan metoda ceramah.
Metoda belajar aktif, menggunakan bantuan alat, mencegah terjadinya miskonsepsi dan mengoreksi 80% dari miskonsepsi yang sudah tertanam pada siswa. Bahkan berdasarkan data yang diperoleh saat pelaksanaan ALOP cukup banyak miskonsepsi yang tertanam pada dosen dan guru yang berhasil dikoreksi dengan metoda ini.
gls_8377

Keterbatasan peralatan dapat disiasati dengan kreativitas menggunakan alat dan bahan yang ada di sekitar kita secara tepat. Misalnya, sebagai pengganti serat optik kita dapat menggunakan senar gitar, menggunakan gelas biasa untuk mempelajari mekanisme terjadinya pelangi, dan sebagainya. Selain menekankan pada active learning, workshop ini merupakan sarana berbagi pengalaman dan kreativitas menggunakan alat dan bahan di sekitar kita untuk mempelajari optik dan fotonik.

Tahun ini workshop yang dihadiri dosen dari berbagai perguruan tinggi, guru-guru SMP dan SMA, difasilitasi oleh Janto V. Sulungbudi, dosen Prodi Fisika UNPAR. Workshop ini terlaksana berkat kerja sama dengan Pudak Scientific, Center for Young Scientists dan Center for Innovative Learning.
-JVS